Teks Persuasi
Teks persuasi adalah suatu bacaan yang terdiri dari
kumpulan paragraf yang berisi bujukan atau juga ajakan untuk para pembacanya.
Teks persuasi ditulis oleh penulis dengan tujuan untuk meyakinkan para pembaca
supaya terpengaruhi atas apa yang mereka baca sehingga mempunyai
pemikiran-pemikiran yang sama. Dengan harapan mereka yang sebagai pembaca akan
mengikuti serta akan melakukan apa yang sudah tertulis dibacaan mereka dari
penulis teks tersebut.
Ciri-ciri Paragraf Persuasif
Adapun ciri dari paragraf persuasif ini, sebagai
berikut.
1. Terdapat unsur ajakan, bujukan, dan himbauan yang ditujukan kepada para
pembaca.
2. Isi paragraf disertai alasan yang kuat dengan sertakan data dan fakta.
3. Isi teks persuasi tujukan supaya pembaca mempercayai dan meyakini apa yang
ditulis oleh penulisnya.
4. Umumnya menggunakan kata ayo, lakukanlah dan mari.
5. Menghindari konflik untuk menjaga kepercayaan para pembaca.
6.
Syarat Syarat Paragraf Persuasi
Sedangkan syarat untuk menulis teks persuasif ini terbagi
menjadi :
1. Pilihan Kalimat
Hendaknya pemilihan kata yang digunakan semenarik
mungkin, sehingga pembaca mempercayai dan juga meyakinkan apa yang telah
ditulis untuk diterima para pembaca.
2. Kemampuan Mengolah Emosi
Penulis harus pandai pengolah emosi, dimana harus
meluapkan emosi dan dimana harus meredam emosi jangan emosi menguasi penulis,
tentunya hal ini sangat berlaku pada teks persuasif dengan tema politik dan
propaganda.
3. Bukti (fakta)
Teks persuasif yang disampaikan hendaknya sesuai
dengan gagasan serta alasan yang masuk akal dengan menyertakan data dan fakta
dari alasan yang disampaikan.
Jenis Paragraf Persuasif
Jenis dari paragraf persuasif ini terbagi lagi menjadi
beberapa bagian, sebagai berikut.
- Persuasi Politik
Umumnya persuasi politik digunakan oleh para ahli
politik untuk menyampaikan aspirasi politik maupun hubungan negara.
- Persuasi Pendidikan
Teks persuasi dalam bidang pendidikan dapat berupa
ajakan untuk giat belajar, ajakan sehingga anak tak malas belajar dengan
memberikan pemahaman yang mendidik serta mudah untuk diterima.
- Persuasi Advertensi
Persuasi advertensi ini biasanya berkaitan dengan
promosi untuk menggunakan suatu produk, memakai jasa biasanya berupa iklan.
- Persuasi Propaganda
Dengan ini persuasi bukan hanya untuk membagikan
informasi namun bagaimana pembaca menyikapi bacaan yang dibagikan dan bertindak
setelahya.
Kaidah Bahasa Teks Persuasi
Selanjutnya ini merupakan beberapa kaidah yang harus
ada dalam bahasa penulisan teks persuasif antara lain.
1. Kata yang digunakan mengandung unsur bujukan.
2. Penggunaan kata kerja contoh jadikanlah, hendaknya, waspadalah atau disebut
imperatif.
3. Istilah dan kata yang digunakan sesuai topik yang dibahas.
4. Jika, dengan demikian, karena, akibatnya, sebab, oleh karena itu merupakan
kata penghubung yang biasa digunakan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar